Tugas Polisi, Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Tugas polisi sangat mulia yang bisa ditafsirkan sebagai “amar ma’ruf nahi munkar”  yaitu mengajak pada kebaikan dan mencegah pada keburukan, itu intinya, ungkap Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Srijono, M.Si di lapangan Gajah Mada (9/10/2014) memberi arahan pada peserta apel pagi. Apapun agama yang dianut oleh seorang anggota Polisi, jika pelaksanaan tugasnya dijalankan dengan  tulus ikhlas, jujur dan benar dan diniati untuk ibadah, maka dia bisa tampil sebagai tokoh agama plus (Ulama, Pendeta, Pedande, dll) plus. Sama-sama berkewajiban melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, seorang anggota Polri dilengkapi dengan instrumen dan peralatan yang bisa memaksa, inilah plus nya. Sedangkan para tokoh agama tidak dilengkapi instrumen dan peralatan itu. 

Memperhatikan hal ini, maka harus disadari oleh setiap anggota Polri bahwa untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, setiap anggota Polri harus dibekali dan bisa mengimplementasikan nilai-nilai karakter yang dibutuhkan. Untuk mewujudkan anggota Polri yang memiliki karakter demikian seyogyanya sudah dirancang sejak proses rekruitmen. Kemudian pendidikan karakter dilaksanakan dengan efektif disetiap level pendidikan sehingga terbangun sumber daya manusia Polri yang diharapkan. 

Bagaimana dengan anggota Polri yang sudah lama bahkan sudah kawakan? 

Kita harus pandai mawas diri (introspeksi) dengan jujur dan hati yang bersih. Selanjutnya kita masing-masing mulai melakukan perubahan yang dimulai dari diri sendiri, dari hal-hal yang kecil dan tidak boleh ditunda. Kebiasaan jelek selama ini yang perlu dikoreksi, kita tidak boleh ragu-ragu untuk meninggalkannya. Hal-hal yang dinilai baik harus kita lakukan dan kita biasakan menuju karakter Polri yang kita dambakan. Kita harus saling mengingatkan dan saling memberikan dukungan menuju perubahan yang kita inginkan. Dengan demikian berarti kita secara bersama-sama telah membangun karakter yang Polri yang  sesungguhnya.

Ini adalah manfestasi dari Amar Ma'ruf Nahi Mungkar yang diperintahkan Tuhan kepada manusia apalagi bagi kita yang telah ditakdirkan menjadi seorang anggota Polri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blogroll