Para Trainer Hasil TOT Perubahan Mindset dan Cultur Set Telah Berhasil Menyentuh 3000 Personil Polri Peserta Didik SAG Yang Dilaksanakan di SPN Yang Ditunjuk di Seluruh indonesia


Sesuai dengan rencana dengan apa yang telah direncanakan bahwa sebagian besar dari “Para Trainer Perubahan Mindset dan Culture Set”  yang telah dibentuk di Setukpa Lemdikpol dalam rangka reformasi birokrasi Polri telah melaksanakan pelatihan di Polda-Polda. Pelatihan diawali dengan memberikan pelatihan perubahan mindset dan culture set kepada peserta pendidikan  Seleksi Alih Golongan (SAG)  TA 2011 yang dilaksanakan di SPN-SPN  yang ditunjuk dengan jumlah seluruhnya 3000 orang anggota Polri.  Selain itu beberapa diantaranya juga telah menyentuh personil Polri di wilayahnya sesuai dengan  situasi dan kondisi serta kebijakan Pimpinan Wilayah masing-masing.  Sedangkan para Trainer yang berasal dari berbagai Lemdik Polri juga telah mulai menyentuh para Gadik dan peserta didik sesuai program pendidikan yang ada di Lemdik masing-masing. 

Berdasarkan laporan dari para Trainer  yang berhasil dihimpun, menunjukkan bahwa TOT perubahan mindset dan clture set  yang dilaksanakan  telah berhasil dengan baik. Dengan segala keterbatasan fasilitas ruangan dan peralatan, ternyata para Trainer  masih dapat memberikan pelatihan dengan baik dan mendapatkan sambutan serta antusiasme peserta.  Kondisi ruangan yang panas tanpa AC dan peralatan IT yang seadanya  tidak memenuhi standart minimal memang mengurangi efektifitas hasil pelatihan. Namun demikian toh masih bisa berhasil dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh peserta didik. Semakin sering para Trainer memberikan pelatihan disertai dengan peningkatan kualitas ruangan dan sarana IT akan semakin menyempurnakan kualitas hasil pelatihan. Dari pengalaman ini para Trainer semakin yakin dan lebih termotivasi untuk mempersiapkan diri berbagi ketrampilannya kepada seluruh personil yang ada di wilayah tugasnya secara bertahap. Selanjutnya tinggal menunggu kebijakan dan jadwal pelatihan yang  diprogramkan oleh Pimpinan Satuan Kewilayahan. Pada dasarnya para Trainer telah siap memberikan pelatihan sekaligus meningkatkan ketrampilan dalam berbagi tentang NAC Polri ini dan telah menunjukkan kemampuannya. Mereka telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dirinya sebagai agen-agen perubahan yang selalu siap berbagi ketrampilan ini termasih melakukan perbanyakan dan kaderisasi Trainer untuk menjaga kesinambungan sekaligus perbanyakan kader serta mengurangi  kelompok resisten yang ada  dalam organisasi Polri. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menggerakkan hati  seluruh Pimpinan dan anggota Polri untuk bersinergi  memanfaatkan NAC Polri untuk mempercepat perubahan budaya Polri  melalui  gerakan perubahan mindset dan culture set Polri. Amiin yan Robbal’alamin.

Blogroll