INTERNALISASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN DENGAN NAC

Sejak awal menjadi Polisi memang saya punya keinginan untuk melakukan perubahan walaupun dari hal yang paling kecil dan dimulai dari diri sendiri sehingga sering dianggap sebagai Polisi  aneh. Dicemooh, diremehkan dan dipinggirkan itu sudah biasa bahkan sampai difitnah sampai dengan dicopot dari jabatan dan diperiksa itu sudah biasa. Itulah yang menjadikan saya semakin yakin bahwa Polri harus berubah. Program Reformasi Birokrasi Polri merupakan jalan keluar menuju perubahan struktural, instrumental dan kultural Polri. Alhamdulillah saya bersyukur bisa ikut andil memasukkan program pelatihan perubahan mindset dengan NAC Polri yang telah kami kemas bersama Tim Kreatif Polri sejak 2004 saat saya dipercaya sebagai KA SPN Mojokerto Polda Jatim dilanjutkan di Polda Kalbar, Setukpa Polri dan Akpol hingga TOT dan memasukkan dalam setiap jenjang kurikulum pendidikan Polri.
Saat dipercaya sebagai Kapolda NTB kami berusaha untuk membuat model perubahan di Polda dimulai dari menyentuh seluruh pejabat utama Polda dan Polres, peningkatan kualitas dan kuantitas Trainer NAC dilanjutkan memberikan sentuhan kepada tokoh-tokoh birokrasi, akademisi dan masyarakat. Alhamdulillah mulai dari Pengadilan Tinggi Mataram, beberapa Kabupaten/ Kota, beberapa Perguruan Tinggi, sekolah-sekolah, MUI dan komunitas masyarakat lainnya telah dilakukan sentuhan perubahan dengan gerakan "Wisata Nurani dengan NAC Polri"
Berhasil menggulirkan perubahan ditubuh Polri dengan mengingat waktu pengabdian semakin terbatas walau saat itu menjabat sebagai Kapolda kami punya keinginan untuk berbagi kepada calon-calon Pimpinan Nasional di Lemhanas. Keinginan itu kami sampaikan kepada Pimpinan Polri dan Pimpinan Lemhanas RI. Alhamdulillah mendapat persetujuan namun kami harus membantu menyelesaikan program pelatihan revolusi mental Polri di Lemdikpol dengan pola NAC karena kami sebagai narasumber. Sukses menyelesaikan program pelatihan revolusi mental Polri walaupun waktu tinggal terbatas kami diijinkan bertugas di Lemhanas RI sebagai  Dir Translai Universal Detaplai Lemhanas RI.
Dengan dukungan para Pimpinan Lemhanas RI "Internalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan dengan NAC" telah masuk dalam kurikulum pendidikan dan sangat dirasakan manfaatnya oleh para peserta. Harapan selanjutnya NAC bisa menyentuh seluruh institusi dan tokoh-tokoh masyarakat sampai dengan terjadinya gerakan nasional perubahan mindset menuju NKRI yang kuat dan bermartabat. Amin.
Bersama Agen-agen Perubahan Memperjuangkan Gerakan Nasional Perubahan Mindset Menuju NKRI yang Kuat dan Bermartabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Blogroll