Buku Mengapa


Pendahuluan

Buku yang mendahului edisi asli buku ini, Does Anything Eat asps?, merupakan fenomena yang mengejutkan dunia penerbitan di penghujung tahun 2005. Kumpulan tanya jawab seputar sains yang diambil dari kolom Last Word di majalah New Scientist, Inggirs, ternyata mampu bertengger didaftar buku terlaris, membuat para pengasuh kolom yang telah berusia 13 tahun ini terpana sekaligus terpesona.
Yang lebih istimewa lagi adalah kenyataan bahwa Does Anyting Eat Wasps? sesungguhnya merupakan kumpulan tanya jawab yang ketiga dari kolom yang sama. Dua kumpulan yang pertama menghasilkan penjualan biasa-biasa saja, dalam arti tidak sampai masuk kedalam daftar buku terlaris.
Ini, apabila direnungkan, disayangkan sekali, sebab kedua kumpulan pertama tersebut berisi beberapa pertanyaan yang mengungkapkan dengan teap sekali peran kolom The Last Word dalam majalah New Sciantest, yakni menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dianggap nyeleneh serta remeh. Misalnya, Mengapa ingus berwarna hijau? Mengapa keju menjadi berserat ketika dipanggang? Mengapa kertas perak membuat tambalan gigi terasa gilu? dan, tentu saja mengapa kaki penguin tidak beku?
Barangkali yang lebih penting, kedua buku pertama itu juga berisi jawab atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan setiap minggu oleh para pembaca yang baru belakangan menemukan kolom The Last Word.
Tampaknya semua orang ingin tau mengapa langit berwarna biru atau mengapa ramput berubah menjadi kelabu.
Yang menarik, pertanyaan paling populer ketika kedua buku Last Word yang pertama diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman adalah "Mengapa burung yang sedang tidur tidak terjatuh dari pohon?" Ini menjadi judul paling panjang untuk buku New Scientist yang pernah diterbitkan dimanapun di dunia - Warum fallen schlafende Vogel nicht nom Baum?. Dan walaupun judul bahasa Inggirs buku ini, Why Don't Penguins' Feet Freeze? maih kalah panjang, buku ini sampai sekarang masih paling tebal dan memiliki koleksi paling baik dantara kumpulan tanya-jawab Last Word yang pernah diterbitkan. Karena merasa bahwa kedua buku yang pertama perlu dibaca oleh sidang pembaca yang lebih luas, kami sengaja memasukkan tanya-jawab terbaik dari situ untuk melengkapi bahan-bahan terbaru dari kolom majalah mingguan populer yang sama. Kami percaya bahwa secara keseluruhan buku ini akan membuat Anda terus terhibur selama beberapa pekan mendatang ........ (Download)

Blogroll