Bukan Negeri Dongeng

Bukan di 
Negeri 
Dongeng 

KISAH NYATA PARA PEJUANG KEADILAN

Disusun oleh

Helvy Tiana Rosa, Izzatul Jannah, dkk.


Apakah Anda memiliki banyak teman yang mempunyai sifat dan sikap yang bagi Anda terasa sangat mengesankan dan istimewa? Adakah Anda mengenal orang yang memiliki ahlak sangat mulia, misalnya sangat adil, jujur, penuh cinta, mementingkan orang lain dan sebagainya? Mungkin Anda akan menjawab dengan mata berbinar, “Ya”. Tapi bisa jadi setelah berpikir keras, mengingat-ingat, Anda terpaksa mengatakan, “Tidak. Saya nggak punya teman seperti itu”, atau: “Orang seperti itu kan hanya ada di jaman dahulu kala, jaman para nabi!” Sementara diam-diam Anda menyimpan rindu. Begitu mendera-dera. Lantas tiba-tiba Anda pun bergumam, “Bukan sekadar teman. Bahkan negeri ini sangat membutuhkan orang-orang seperti itu!”

Ya, negeri ini! Tapi apa mereka benar ada? Di negeri dongeng manakah mereka tinggal? Jangan pesimis dulu. Melalui buku ini, Anda akan saya ajak untuk berkenalan dan bertemu dengan sosok- sosok luar biasa! Seperti itu. Anda tak percaya? Tidak, ini bukan cerita fiktif dari negeri dongeng mana pun. Mereka memang sungguh ada, bahkan tak jauh dari Anda! Ditulis oleh lebih dari 25 orang, buku ini memaparkan kisah-kisah keseharian yang mencengangkan dari mereka yang kami sebut sebagai 'pejuang keadilan'.

Pernahkah terbayang dalam benak Anda, suatu hari dalam kehidupan Anda, datang sepasang suami istri sederhana yang belum lama Anda kenal tiba-tiba menghadiahkan Anda sebuah laptop hanya karena mereka merasa bahwa suatu ketika Anda akan menjadi seorang penulis? Padahal saat itu Anda bahkan belum menulis apa pun yang berarti? Pernah bertemu dengan dia yang memiliki prinsip untuk selalu menjadi orang pertama yang menolong orang lain meski tak bisa membeli susu bagi anaknya? Pernah tahu ada ibu empat anak, pengidap kanker rahim yang sangat kekurangan secara ekonomi, tetapi selalu terdepan membantu mereka yang terkena musibah

Bisakah Anda bayangkan bila suami Anda yang bertugas di DPR hanya mau mengambil gaji secukupnya dan selebihnya dikembalikan pada rakyat? Atau kala ia mendapat uang ratusan juta rupiah yang dikatakan sebagai haknya, ia malah mengembalikannya kepada rakyat di sekitarnya dengan cara yang sederhana? Bagaimana segelintir pejabat yang jujur menyelamatkan ratusan milyar uang negara dalam rapat-rapat yang alot? Bagaimana perasaan Anda, bila tiba-tiba ada seorang pejabat memilih tidur di sebuah rumah petak beralaskan tikar, hanya karena empatinya yang besar terhadap masyarakat? Kenal wakil rakyat yang tak mempan suap, yang bertekad membela kebenaran dan keadilan meski setiap hari menerima ancaman pembunuhan? Pernah bertemu dengan seorang presiden yang secara rutin menyapu dan mem-bakar sampah untuk kenyamanan lingkungannya? Punya kenalan pemimpin yang sering membantu istr! inya belanja sayur? Atau ibu pejabat yang berebut melakukan ke bajikan? Pernah berdoa agar ada lelaki tulus yang mau menghabiskan waktunya mendekati para 'sampah masyarakat' yang seabreg itu dan mengubah mereka menjadi berarti?

Lalu apa Anda mengetahui, bahwa ada seorang anggota Komisi Pemilihan Umum yang ternyata harus 'berjuang' berkali-kali untuk sekadar mengembalikan kijang yang dipakainya selama bertugas? Ingin tahu kisah seorang dokter yang membangun sebuah desa di pedalaman? Lalu kisah para penghuni sebuah pondok cinta yang terdiri dari mahasiswi, tuna netra, mbok bakul jamu, dan lain-lain yang saling peduli? Tahukah Anda bahwa seorang ustadz muda dari negeri ini saat bertemu George Bush, dengan berani dan simpatik menasehati Presiden Amerika itu? Siapa dia? Bahkan bila Anda ingin punya seribu teman atau ingin mengetahui bagaimana menyongsong kematian dengan indah, serta hal-hal penting lainnya, semua ada dalam buku yang sangat menyentuh ini.

Sungguh, tak berlebihan bila saya katakan bahwa Bukan di Negeri Dongeng (BdND) akan mengasah nurani dan meninggalkan sesuatu di batin Anda usai membacanya: pencerahan, getaran, rasa takjub, cinta dan dorongan untuk berbuat serupa. Syukur tak habis-habisnya pada Illahi dan terimakasih saya ucapkan kepada Teman-teman yang sudi berbagi kisah luar biasa ini.

Kepada mereka yang kisahnya terdapat dalam buku ini: Saya, kami, Indonesia mencintai dan membutuhkan kalian. Telah lama negeri ini mual terhadap para pemimpin, pejabat atau siapa pun yang berbicara dengan kekuasaan dan harta mereka, yang mementingkan diri sendiri, korup, miskin cinta. Telah lama negeri ini merindukan sosok yang enantiasa menempuh jalan cinta seperti kalian. Terimakasih pada Allah yang membuat kalian ada dan nyata di tengah kami. Terimakasih saya haturkan pula kepada para penulis, Pak Razikun, adik-adikku di Cyberliq, dan semua pihak yang turut repot mengumpulkan bahan tulisan. Kepada Partai Keadilan Sejahtera (sumber inspirasiku yang tak pernah habis). Kepada Izzatul Jannah, kepada Penerbit dan semua pihak yang tak dapat saya sebutkan satu persatu, yang membantu terwujudnya buku indah ini. Hanya Allah SWT yang bisa membalas semua.

Akhirnya, selamat membaca dan nantikan seri BdND berikutnya. Ya, kita semua pasti mendambakan indahnya keadilan dalam hidup ini. Maka tak ada lagi keraguan di hati: Mari bersama menjadi pejuang keadilan!

Wassalam,

 Helvy Tiana Rosa


Blogroll